SELAMAT DATANG

WELCOM TO MY BLOG

Saturday 24 September 2011

KLIPING WISATA KABUPATEN TEMANGGUNG

I. PENDAHULUAN

Kabupaten Temanggung terletak pada posisi strategis diantara Daerah Tujuan Wisata Magelang (Borobudur), Wonosobo / Banjarnegara (Dieng) dan Semarang. Dalam kehidupan sosial dan budaya, masyarakat Temanggung memiliki budaya yang jujur, prasaja dan ewuh pekewuh . Hal ini dapat mendukung upaya menciptakan sadar wisata dan pengamalan SAPTA PESONA dalam pengembangan pariwisata.
Kabupaten Temanggung memiliki banyak potensi obyek wisata baik wisata alam, budaya maupun wisata buatan. Meskipun sebagian besar obyek tersebut masih sebagai potensi, dalam arti belum dikembangkan secara optimal menjadi obyek wisata dengan kawasan yang memadahi, namun keberadaannya sudah mampu menarik minat wisatawan domestik maupun mancanegara. Hal ini akan menjadi modal untuk pengembangan lebih lanjut.

II. POTENSI WISATA KABUPATEN TEMANGGUNG

Potensi wisata Kabupaten Temanggung dapat dikelompokkan dalam menjadi 3 kelompok yaitu Obyek Wisata Buatan, Obyek Wisata Alam dan Obyek Wisata Budaya.

A. OBYEK WISATA ALAM
1. Air Terjun Trocoh ( Surodipo ) di Kecamatan Wonoboyo
Grojogan yang curam dan air yang tak pernah surut dengan pemandangan alam sekitarnya bernuansa pegunungan bisa membuat wisatawan benar benar segar, sejuk dan nyaman. Di kawasan ini ada 5 terjunan air dengan suasana yang berbeda. Terletak di desa Tawangsari 7 km dari Kecamatan Wonoboyo atau 36 km dari Kota Temanggung.

Potensi obyek wisata air terjun yang masih perawan dan alami, menjadi saksi bisu kilasan sejarah perjuangan Pangeran Diponegoro ketika membuat strategi gerilya melawan Belanda.
Untuk mencapai lokasi ini memang membutuhkan tenaga ekstra sebab harus melewati perbukitan di ladang penduduk. Namun suasana mengesankan dengan hembusan angin bukit.

2. Air Terjun Lawe di Kecamatan Gemawang
Jatuhnya air dari tebing curam itu bagaikan benang-benang putih yang dalam bahasa jawa disebut ‘Lawe’.
( tali yang seratnya putih ) membuat namanya lebih cocok menjadi Curug Lawe. Di kawasan ini ada buah-buah alam yang bisa disantap apabila datang tepat pada musimnya.
Panorama alam sekitar Curug Lawe di desa Muncar kecamatan Gemawang kabupaten Temanggung cukup memikat. Perjalanan menuju lokasi cukup lancar dengan jarak tempuh sekitar 26 km dari kota Temanggung.

3. Goa Lawa di Kecamatan Bejen
Terletak di desa Ngalian Kecamatan Bejen, perbatasan Temanggung – Kendal, pernah dirintis pengembangannya oleh Mahasiswa AKPARI Semarang. Ada tradisi pendukung yakni upacara ‘Lampet Dawuhan’ yaitu serangkaian upacara adat sedekah kali dengan ungkapan do’a agar air yang mengairi sawah penduduk di wilayah tersebut dapat tetap abadi mengalir memenuhi kebutuhan pertanian mereka. Ada keunikan dalam tradisi ini yaitu sesepuh desa menyedot air kali dengan mulut kemudian menyemburkannya di areal persawahansetelah melalui kirap sepanjang 200 meter.

4. Mata Air Jumprit
Udara yang sejuk di mata air Kali Progo dan air yang bening higienis membuat wisatawan kerasan ditemani kera kera jinak bersahabat. Ada tradisi Kungkum di pusat mata air ini dan kemudian berdzikir di Makam Ki Nujum Majapahit. Kegiatan Ziarah ini ramai dilakukan pengunjung pada Malam Selasa Kliwon dan Jum’at Kliwon.
Jumprit Terletak di dusun Jumprit desa Tegalrejo kecamatan Ngadirejo 26 km dari Kota Temanggung. Panorama alam yang sejuk di kawasan mata air jumprit dan wana wisata yang dikelola Perhutani menjadikan obyek wisata ini menarik untuk singgah dan membuat tenda tempat istirahat.
Obyek wisata spiritual ini erat hubungannya dengan legenda Kyai Nujum Majapahit. Didekat mata air Jumprit terdapat makam Ki Jumprit tempat para peziarah melakukan meditasi dilanjutkan dengan mandi kungkum dan berdzikir. Air Jumprit juga digunakan sebagai Air Berkah untuk upacara Tri Suci Waisyak setiap tahunnya.
5. Rest Area Kledung Pass
Kawasan titik puncak perjalanan Temanggung - Wonosobo dan Dieng dengan pemandangan Panorama Gunung Sumbing dan hamparan tanaman tembakau merupakan kawasan yang sejuk dengan aliran angin lembah yang membuat nuansa menjadi segar. Cocok untuk transit melepas lelah sambil minikmati kopi khas Temanggung di Trading House Kledung Pass. Di sekitar kawasan ada kebun Strawbery dan pusat pembibitan tanaman kentang unggul sehingga Kledung Pass juga sebagai Agro Wisata.

6. Pendakian Gunung Sumbing
Pendakian Gunung Sumbing merupakan tradisi yang dilakukan para pecinta alam dan petualang wisata pada “Malem Selikuran” tanggal 20 bulan Sya’ban. Pendakian dilakukan lewat dusun Kacepit, desa Pagergunung Kecamatan Bulu dan akan dipandu oleh Pemandu Wisata Gunung dari desa setempat.

1. Pendakian Gunung Sindoro
Pendakian dilakukan tiap “Malem 1 Sura”yaitu tanggal 30 bulan Zulhijah oleh ribuan pecinta Sindoro Tracking Mounth, lewat desa Katekan Kecamatan Ngadirejo dan juga lewat desa Kledung. Di puncak Sindoro dapat melihat matahari terbit dan apabila mendaki pada siang hari maka akan melihat tenggelamnya matahari serta Danau Ajaib yang disebut sebagai ‘Pasar Setan’.
Sebagai Base Camp dan tempat pendaftaran adalah di desa Kledung Kecamatan Kledung. Mereka akan didata identitasnya dan dicek perlengkapannya oleh petugas gabungan dari tim SAR, Polisi, Kelompok Pecinta Alam, Pramuka dan Pemuda Desa, berkaitan dengan upaya pengamanan serta kelengkapan yang harus dibawa saat mendaki.
Gunung Sindoro berketinggian 3.151 meter, puncaknya merupakan hamparan pasir bekas magma yang membeku. Dari puncak itulah para pendaki akan menikmati suasana yang indah saat terbitnya matahari pagi pukul 05.00 WIB. Berdiri diatas puncak Sindoro bagaikan berdiri diatas awan, lebih-lebih bila cuaca jernih pendaki dapat merasakan indahnya alam puncak gunung yang ditumbuhi bunga-bunga kering. Begitu indahnya sang Edelweis, namun siapapun tak boleh membawa pulang, cukup bisa dipandang saja dipuncak Sindoro.


2. Hutan Walitis
Pohon Walitis merupakan satu – satunya pohon terbesar di Lereng Gunung Sumbing dan Sindoro yang terletak di desa Jetis Kecamatan selopampang. Tinggi pohon ± 30 meter, lingkar batangnya ± 7,5 meter. Untuk memeluk pohon ini diperlukan enam (6) orang dewasa yang saling bertautan merentangkan kedua tangannya. Legenda masyarakat menyebutkan, Pohon Walitis berasal dari sebuah tongkat Ki Mangkukuhan yang ditancapkan di tanah kemudian ditinggalkan Ki Ageng ke Puncak Sumbing. Kawasan Walitis memiliki pemandangan alam yang indah dan udara pegunungan segar alami. Tidak kalah menariknya disana tumbuh juga rumpun tumbuhan yang bernama hutan Rosomolo yang tidak terbakar kendati di lingkungannya sering terjadi kebakaran hutan.

B. OBYEK WISATA BUATAN
1. Pikatan Water Park
Obyek wisata permainan air tengah menjadi trend wisata saat ini telah hadir di Pikatan Temanggung dan menjai tujuan rekreasi yang menyenangkan. Fasilitas aneka permainan air tersedia didukung sejuknya udara Pikatan.
Di kawasan ini terdapat Kolam Renang Standar Nasional, kolam anak-anak, hall tempat bermain, dan juga terdapat situs Rakai Pikatan dari Kerajaan Mataram. Tersedia rumah makan dengan menu ‘Bader Goreng’, Ikan Bakar dan makanan oleh-oleh Gula Kacang maupun pecel mi yang siap santap.

2. Taman Rekreasi Kartini
Pusat hiburan masyarakat terutama pada event Pekan Syawalan dengan suguhan aneka hiburan. Kawasan ini juga sebagai tempat singgah pemakai jasa travel Semarang – Wonosobo – Purwokerto. Gedung Perpustakaan Daerah juga dibangun di kawasan ini sehingga pengunjung disamping menikmati permainan juga bisa bersantai sambil membaca buku di perpustakaan.

3. Monumen Meteorit
Jatuhnya meteor di ladang penduduk desa Wonotirto kecamatan Bulu, tanggal 11 Pebruari 2001 dibarengi suara gemuruh dan ledakan dahsyat, merupakan peristiwa alam yang langka dan menarik untuk diteliti. Untuk itu Sekolah Tinggi Sains dan Teknologi AKPRIN Yogyakarta melakukan penelitian dan kemudian membangun Monumen Meteorit di lokasi jatuhnya benda angkasa tersebut. Kini Monumen ini menjadi obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi didukung sejuknya suasana alam sekitar berlatar belakang pemandangan Gunung Sumbing berketinggian 3.371 m.

4. Monumen Bambang Sugeng

Bukit kecil di sebelah timur kota Temanggung menjadi saksi perjuangan almarhum Mayjend Bambang Sugeng yang pada waktu perang kemerdekaan memimpin pasukan TNI di daerah Temanggung dan sekitarnya. Di kawasan ini berdiri Monumen Bambang Sugeng dan terdapat batu besar dengan pahatan tulisan huruf kanji berbunyi Wampo Daiwa Daigetzu yang diartikan dalam bahasa Indonesia : Seloeroeh Doenia Sekeloearga. Merupakan peninggalan Bala Tentara Jepang yang pernah ditawan di daerah Temanggung.
Bambang Sugeng sendiri dimakamkan di Kranggan di sebelah jembatan sungai Progo berjarak 3 Km dari Museum ke arah Timur. Jembatan Progo sendiri menyimpan kisah heroisme masa perang kemerdekaan sebab di tempat ini ratusan pejuang dieksekusi oleh pasukan Belanda.

C. POTENSI WISATA BUDAYA
1. Candi Pringapus
Peninggalan kebudayaan Hindu – Budha ini bisa dijadikan obyek penelitian kebudayaan masa lampau.
Candi Pringapus dengan arca-arca berartistik Hindu Sekte Shiwaistis dibangun pada tahun 850 Masehi. Ini merupakan Replika Mahameru sebagai perlambang tempat tinggal para Dewata. Hal ini terbukti dengan adanya hiasan Antefiq dan Relief Hapsara-hapsari yang menggambarkan makluk setengah dewa. Candi ini terletak di desa Pringapus Kecamatan Ngadirejo berjarak 22 Km arah Timur Laut dari Kota Temanggung. Banyak dikunjungi wisatawan domestik dan mancanegara seperti Belgia, Amerika, dan Belanda.

2. Prasasti Gondosuli
Reruntuhan candi yang dibangun pada jaman Sriwijaya masih bisa menjadi saksi bisu kebudayaan masa lampau karena masih ada batu prasasti yang kini dilindungi sebagai Cagar Budaya.
Peninggalan sejarah yang dapat dijadikan obyek penelitian bagi perkembangan sejarah dan kebudayaan. Bebatuan candi memang tidak utuh lagi berdiri sebagai candi, namun keberadaan Candi Gondosuli tetap menambah potensi obyek wisata budaya. Lebih-lebih di kawasan ini terdapat sebuah prasasti yang dikenal dengan nama Prasasti Gondosuli. Isi prasasti itu adalah sebuah legitimasi kejayaan Rakarayan Patapan Pu Palar pada masa pemerintahan Rakai Garung Raja Mataram dinasti Sanjaya. Prasasti ini terletak di Desa Gondosuli Kecamatan Bulu berjarak 7 km arah Barat dari kota Temanggung. Perjalanan bisa dikemas dalam jalur wisata : Pikatan Indah – Monumen Meteorit – Bale Kambang – Prasasti Gondosuli – Pendakian Gunung Sumbing.

3. Suran Traji
Siapapun yang jadi Kepala Desa harus berpakaian seperti pengantin Jawa pada Malam tanggal 1 Suro, kemudian dikirabkan menuju Sundang Sidhukun dan dilakukan acara sesaji serta pentas wayang kulit.

5. Makam Ki Ageng Makukuhan
Konon ceritanya Ki Ageng Makukuhan adalah orang pertama di bumi Kedu Temanggung. Makam Ki Ageng Makukuhan di desa Kedu dikenal sebagai obyek wisata ziarah. Terletak sekitar 5 Km arah utara dari kota Temanggung. Banyak peziarah yang datang dari luar daerah terutama di malam Jum’at Kliwon dan malam Selasa Kliwon. Mereka bersemadi untuk berbagai kepentingan atas dasar kepercayaan masing-masing.
Ada versi yang menyebutkan Makam Ki Ageng kemudian dipindahkan ke puncak gunung Sumbing, oleh karenanya banyak pula pendaki yang ingin berziarah sekaligus melakukan perjalanan wisata pendakian gunung Sumbing.

6. Tradisi Jum’at Pahingan
Malam Jum’at Pahingan adalah tradisi berdzikir di Masjid desa Menggoro kecamatan Tembarak kurang lebih 7 km arah Selatan kota Temanggung. Banyak pengunjung dari berbagai kota seperti Pekalongan, Semarang, Solo, Wonosobo, Purwokerto, dan Magelang dengan berbagai tujuan. Umumnya mereka membaca ayat suci Al Qur’an, dzikir, membaca doa-doa, menjalankan nadzar, ada pula yang sekedar ingin mengadu nasib dengan memeluk salah satu tiang masjid yang dikenal dengan Soko Guru karena konon bisa mengetahui rejekinya jauh atau dekat.

7. Prasasti Gondosuli
Peninggalan sejarah yang dapat dijadikan obyek penelitian bagi perkembangan sejarah dan kebudayaan. Bebatuan candi memang tidak utuh lagi berdiri sebagai candi, namun keberadaan Candi Gondosuli tetap menambah potensi obyek wisata budaya. Lebih-lebih di kawasan ini terdapat sebuah prasasti yang dikenal dengan nama Prasasti Gondosuli.
Isi prasasti itu adalah sebuah legitimasi kejayaan Rakarayan Patapan Pu Palar pada masa pemerintahan Rakai Garung Raja Mataram dinasti Sanjaya. Prasasti ini terletak di Desa Gondosuli Kecamatan Bulu berjarak 7 km arah Barat dari kota Temanggung. Perjalanan bisa dikemas dalam jalur wisata : Pikatan Indah – Monumen Meteorit – Bale Kambang – Prasasti Gondosuli – Pendakian Gunung Sumbing.

D. AKOMODASI PENDUKUNG

Bagi wisatawan yang ingin bermalam di Temanggung tersedia hotel dan rumah makan yang representatif, diantaranya Hotel Indraloka, Candra, Kintamani dan Nirwana. Juga Rumah Makan diantaranya : Daun Mas Resto, Ani, Pujasera, Ngesti Rasa, Sari Ayam, Rindu Alam, dan Adem Ayem.

III. STRATEGI KEBIJAKAN PEMBANGUNAN PARIWISATA
KABUPATEN TEMANGGUNG.

Sebagaimana Visi dan Misi Pembangunan Kepariwisataan yang ditetapkan maka strategi Kebijakan Pembangunan Pariwisata Kabupaten Temanggung dikelompokkan dalam 3 (tiga) focus pengembangan yaitu Pengembangan Produk, Pengembangan Pemasaran dan Pengembangan Sumber Daya Manusia.

A. PROGRAM PENGEMBANGAN PRODUK
1. Mengembangkan Potensi Obyek dan Daya Tarik wisata yang berbasis pada kehidupan dan keunikan pedesaan maupun kesenian tradisional dan kerajinan rakyat melalui bentuk kemitraan.
2. Membina dan menumbuhkan serta memberdayakan kelompok-kelompok kesenian sebagai potensi pendukungobyek wisata sehingga mampu meningkatkan daya tarik wisata.
3. Pelestarian dan penataan lingkungan fisik dan sosial budaya, komunitas pedesaan, komunitas kesenian sebagai daya tarik wisata dan usaha-usaha ikutan dibidang jasa pariwisata dengan melibatkan masyarakat sekitar obyek wisata.
4. Pengembangan dan pembinaan pengelolaan Desa Wisata serta usaha-usaha pariwisata yang dikelola masyarakat sebagai salah satu generatoe kegiatan ekonomi lokal.

B. PROGRAM PENGEMBANGAN PEMASARAN

1. Peningkatkan kegiatan promosi wisata dan produk unggulan daerah melalui keikutsertaan dalam event-event Pameran seperti PRPP Jateng, Bengawan Solo Fair, dll.
2. Peningkatan kegiatan promosi dengan penekanan publikasi obyek-obyek wisata yang berbasis ‘ekonomi kerakyatan’ serta industri kerajinan yang ada sebagai cinderamata.
3. Penyelenggaraan kegiatan Pameran dan Informasi Bisnis Terpadu dalam membuka akses pasar dan jaringan pemasaran yang lebih luas. Untuk itu Temanggung telah memiliki Home Page Internet dengan kode akses : www.temanggungkab.go.id
4. Pendayagunaan Media Massa secara optimal sebagai media promosi, apresiasi dan sosialisasi potensi dan obyek wisata beserta pendukungnya yang berbasis pada kehidupan alam pedesaan (Natural Village).

C. PROGRAM PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA

1. Memberikan pembekalan pengetahuan dan teknis kepariwisataan kepada insan-insan pariwisata dan kebudayaan serta pelaku kesenian melalui kegiatan Diklat, Seminar, Lokakarya dll. serta mempersiapkan tersedianya tenaga kerja pariwisata yang professional.
2. Pemberdayaan pelaku usaha dibidang kepariwisataan dan kesenian khususnya sector informal (seperti pedagang kaki lima di sekitar obyek wisata). Dalam kontek ini bisa dilakukan pelatihan peningkatan kualitas produk dan kualitas presentasi serta profesionalisme pelayanan.
3. Pemberdayaan peran serta masyarakat dalam upaya menciptakan iklim sejuk yang dinamis di sekitar obyek wisata sehingga tercipta kondisi yang dijiwai SAPTA PESONA



III. PENUTUP

Demikian paparan Potensi Pariwisata dan program pengembangan kepariwisataan Kabupaten Temanggung dalam tulisan singkat dan sederhana ini dengan harapan mendapat tanggapan, masukan, saran inovatif dari para peserta Road Show Pariwisata sehingga menjadi sumber inspirasi bagi pengembangan lebih lanjut.




























Visi Pembangunan Pariwisata Kabupaten Temanggung :

“ Pariwisata dan Kebudayaan menjadi salah satu andalan pembangunan daerah Kabupaten Temanggung yang bertumpu pada Ekonomi Kerakyatan dan berorientasi global yang berakar pada nilai-nilai agama, budaya, lingkungan hidup, persatuan dan kesatuan, demi terciptanya kehidupan masyarakat yang dinamis dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan menjadikan Temanggung sebagai Daerah Tujuan Wisata”.

Misi Pembangunan Pariwisata Kabupaten Temanggung:

3. Membina dan mengembangkan kepariwisataan dan kebudayaan yang mampu memberikan sumbangan berarti bagi pencapaian tujuan dan sasaran pembangunan daerah;
4. Membina dan mengembangkan kepariwisataan dan kebudayaan yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat untuk kepentingan seluruh lapisan masyarakat;
5. Membina dan mengembangkan kepariwisataan dan kebu -dayaan yang unggul bersaing di pasar global guna meraih devisa, khususnya peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD)
6. Membina dan mengembangkan kepariwisataan dan kebudayaan yang mampu menghasilkan sumber daya manusia insan pariwisata yang mandiri, beriman, berakhlak mulia, menguasai ilmu pengetahuan dan memiliki etos kerja tinggi serta cinta lingkungan;
7. Membina dan mengembangkan kepariwisataan dan kebudayaan yang mampu menciptakan produk pariwisata dan kebudayaan yang memiliki daya saing tinggi serta dapat membawa nama harum daerah, mendorong rasa cinta tanah air dan bangsa dan memperkokoh semangat persatuan dan kesatuan;
8. Membina dan mengembangkan kepariwisataan dan kebudayaan yang mampu menggerakkan peran serta masyarakat dalam menciptakan suasana yang dijiwai “SAPTA PESONA” ( Aman, Tertib, Bersih, Sejuk, Indah, Ramah tamah, Kenangan).

No comments:

Post a Comment